Selasa, 03 April 2018

Ghost Writer (Penulis Tanpa Nama)


Ghost writer atau yang lazim disebut penulis bayangan, biasanya adalah penulis professional, yang dibayar atau bekerja sebagaimana layaknya penulis lainnya, yaitu menulis buku, cerita, artikel, teks, pidato, dan sebagainya. Perbedaannya dengan penulis biasa, ghost writer tidak mencantumkan namanya pada karya yang ditulisnya,  tetapi  mencantumkan nama orang lain yang membayarnya atau menggunakan jasanya. 

Ghost writer ini adalah profesi yang bergengsi, di negara maju, para tokoh, politisi, selebriti, eksekutif, dan sebagainya menyewa jasanya untuk menuliskan buku, artikel di media, sampai membuat autobiografi. Selain itu jasa ghost writer juga dipakai untuk menulis lirik lagu sampai skrip film.

Banyak tokoh besar memakai jasa ghost writer, misalnya autobiografi Henry Ford juga ditulis oleh ghost writer. Bahkan hampir semua pidato tokoh dan kepala negara atau kepala pemerintahan ditulis oleh ghost writer yang sering juga disebut speechwriter (karena yang ditulisnya pidato kepala pemerintahan). Untuk membedakan ghost writer dan penulis biasa adalah pada sebuah buku autobiografi. Jika penulis mencantumkan namanya di buku autobiografi tersebut maka dia sebenarnya penulis biasa,  tetapi  jika autobiografi itu ditulis penulis lain, bukan si pemilik autobiografi dan tidak mencantumkan penulisnya, maka penulis itu adalah ghost writer. Istilah ghost atau hantu, menjelaskan bahwa penulis asli tidak boleh tampak dalam karya tulis itu, dan yang boleh tampak hanyalah nama klien atau orang yang membayarnya.

Sebenarnya pekerjaan ghost writer ini mirip dengan editor di media massa, yaitu meramu tulisan dan memperindahnya.  tetapi  berbeda dengan editor media, dia tidak hanya merapikan draf tulisan,  tetapi  bisa juga menulis ulang, artinya yang terpenting apa yang ditulis itu harus berdasarkan pikiran  kliennya dan tidak sepenuhnya karangannya sendiri. Oleh karena itu jika dikehendaki sepenuhnya tulisan itu harus sesuai dengan pikiran kliennya, dan harus mampu membaca gaya berpikir dan gaya berkomunikasi klien. Hal Ini yang tidak mudah dan tidak ditemui pada penulis biasa, karena seorang ghost writer dalam menulis seolah-olah mewakili kliennya. 

Dengan demikian tidak jarang seorang ghost writer harus dekat dan berdiskusi dengan klien, menyelami keinginannya, mempelajari topik yang menjadi gagasan utama dan sebagainya. Dari kedekatan, diskusi, dan sebagainya itulah sumber tulisan diperoleh. Namun tidak jarang sang tokoh sudah memiliki draf tulisan buku atau cerita yang tinggal dirapikan oleh ghost writer. Tidak jarang Jika seorang tokoh telah cocok dengan seorang ghost writer dia tidak akan lagi mencari penulis lain.

Bagaimana jika ketahuan seseorang memakai ghost writer? Bagaimana jika tulisan atau buku ketahuan sebenarnya ditulis ghost writer? Sebenarnya tidak masalah, karena pemanfaatan jasa ini sudah lazim. Seperti halnya seorang jurnalis juga tidak diharam tulisannya diedit lagi oleh editor, meski pun  hanya nama si pemilik tulisan yang ditampilkan. Saat hasil kerja si ghost writer dipublikasikan maka dia menjadi hasil karya si pelangan. Tanggung jawabnya juga ada pada kliennya karena nama penulis adalah nama klien. Jika terjadi kesalahan semuanya menjadi tanggungjawab si klien. Itulah sebabnya setelah bekerja atau menulis diperlukan persetujuan dengan klien terutama  memeriksa apakah tulisan sudah sesuai atau perlu direvisi lagi. 

Karena pekerjaan ini bersifat rahasia dan nama penulis asli tidak ditampilkan ini, banyak ghost writer tidak dikenal orang. Orang lebih mengenal klien atau tokoh yang memakai jasanya. Jadi dapat disimpulkan ghost writer adalah asisten atau konsultan yang bekerja secara diam-diam mendampingi dan menyukseskan orang lain  melalui karya tulisnya. Timbul pertanyaan, mengapa orang atau tokoh perlu ghost writer? Jawabannya adalah untuk menyempurnakan karyanya. Ternyata banyak tokoh atau orang yang memiliki ide yang bagus, memiliki cerita yang menarik, tetapi tidak tak banyak orang yang memiliki kemampuan atau waktu untuk menuliskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Percetakan dan Penerbitan Buku

Jasa penerbitan dan percetakan buku adalah sebagai berikut ini. Penulis biasanya sudah memiliki naskah dan di ketik dengan microsoftwor...